Prodi Teknik Mesin UIR Mengundang PT. BUMA Untuk Berbagi Ilmu Tentang Tambang Batubara

Mawardi Tombang
Rabu, 21 Juni 2023 11:17:16
Production Manager PT. BUMA, Reno Saputra, menjelaskan prospek bisnis Tambang Batubara kepada Sivitas Akademika Prodi Teknik Mesin UIR

KANALSUMATERA.com -

PEKANBARU, Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Islam Riau (UIR) kembali mengundang salah seorang pimpinan manajemen PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) untuk berbagi ilmu kepada staf akademika dan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Riau.

Pertemuan kali ini membahas tentang dunia bisnis batubara dengan tema “Mining for Non-mining - Pengenalan Dunia Pertambangan Batubara bagi Non-Mining”. Narasumber yang datang berkunjung pada kesempatan ini adalah Production Manager BUMA Jobsite Indonesia Pratama, Bapak Reno Saputra, putra kelahiran Indragiri hulu, Riau. Kegiatan dilaksanakan pada Senin (5/6/2023).

Selain menjabat sebagai sebagai Production Manager BUMA Jobsite Indonesia Pratama, Beliau juga memiliki beberapa kualifikasi yang sangat dibutuhkan di dunia pertambangan seperti Pengawas Operasional Utama (BNSP), Internal Auditor SMKP (APKPI), dan Assesor Kompetensi MINERBA (BNSP) sehingga tidak salah jika beliau dikatakan sebagai salah seorang yang sangat berpengaruh di dunia pertambangan.

Kedatangan Bapak Reno Saputra ini disambut hangat oleh sivitas akademika Prodi Teknik Mesin UIR. Bapak Reno Saputra menyampaikan tentang bisnis proses di pertambangan batubara, mulai dari metode identifikasi posisi dan kapasitas batubara yang terkandung diperut bumi hingga penjualan batubara serta upaya rehabilitasi alam paska tambang. Secara garis besar aktifitas yang dilakukan dalam proses penambangan batubara secara berurut meliputi land clearing, top soil removal, overburden drilling, overburden blasting, overburden removal, overburden hauling, overburden disposal, coal getting, coal dumping in stock pile, coal transport to port site, coal dumping in port site, port site, coal barging and shipment dan yang terakhir adalah rehabilitation/reclamation.

Production Manager BUMA Jobsite Indonesia Pratama, Bapak Reno Saputra, saat menjelaskan prospek bisnis dan kerja di sektor Tambang Batubara kepada Sivitas Akademika Prodi Teknik Mesin UIR

Penyampaian seluruh proses bisnis dalam penambangan batubara ini dijelaskan secara singkat dan padat sehingga seluruh audience mampu memahami seluruh aktifitas tersebut dengan baik.

Dalam kesempatan ini juga Bapak Reno Saputra memberi penjelasan mengenai peluang kerja bagi Mechanical Engineer dalam aspek produksi penambangan serta kualifikasi apa saja yang dibutuhkan oleh mahasiswa Prodi Teknik Mesin UIR untuk dapat bergabung dengan PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA).

“Ijazah hanya berfungsi sebagai pembuka dalam setiap industri. Selanjutnya yang sangat berpengaruh dan penting dalam dunia industry adalah mindset seseorang untuk terus belajar dan disiplin dalam kerja”, pesan dari Bapak Reno Saputra.
Antusias mahasiswa sangat terasa ketika memasuki sesi tanya jawab. Banyaknya pertanyaan dan diskusi timbal balik yang sangat aktif menggambarkan rasa ingin tahu mahasiswa terhadap dunia pertambangan batubara dan peluang karirnya bagi mereka.

Ketua Prodi Teknik Mesin, Jhonni Rahman, menjelaskan bahwa momen seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa UIR. Sehingga mereka mampu mempersiapkan diri untuk survive dalam bersaing di dunia industri.

“Kita mungkin akan kalah dengan lulusan dari kampus-kampus besar di Indonesia jika yang menjadi tolak ukur kesuksesan adalah kemampuan akademik. Namun tidak, hal yang paling ditekankan di industri adalah sikap untuk terus maju dan mau belajar, disiplin, dan mental yang tangguh serta mampu bekerja dengan baik dalam tekanan. Jika Ijazah yang dimiliki tidak mencerminkan kemampuan individu dan kompetensi yang diharapkan pihak industri maka ijazah tidak ada manfaatnya.
"Inilah peluang bagi kami untuk bersaing dengan lulusan dari kampus besar lain. Hal ini terbukti dengan banyaknya alumni kami yang sekarang ini menduduki posisi-posisi penting di industri-industri besar di Indonesia” tuturnya.

Prodi Teknik Mesin UIR akan senantiasa terus menyelenggarakan dan mengundang para pakar akademisi dan industri untuk menjelaskan kepada mahasiswa ilmu-ilmu praktis yang perlu mereka persiapkan dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu, dengan adanya masukan positif dari pakar-pakar tersebut Prodi Teknik Mesin UIR pun akan terus melakukan pengembangan dan perbaikan konten dan sistem pengajaran yang menunjang kebutuhan industri, sehingga lulusan Prodi Teknik Mesin UIR dapat menjadi prioritas di dunia industri. (rls)

Lainnya
15 Organisasi Sipil Ajukan Uji Formil UU Cipta Kerja ke MK
15 Organisasi Sipil Ajukan Uji Formil UU Cipta Kerja ke MK
Jelang Pelaksanaan Pilkades Serentak, Syahrul Aidi: Jan
Pemprov Aceh Minta MPU Evaluasi Gim Daring
Puting Beliung di Bener Meriah, Delapan Orang Terluka
Hukum
Oknum Anggota Ditangkap, KAMMI Palas Minta Kapolres Padang Lawas Bersih-Bersih Sampah Internal
Oknum Anggota Ditangkap, KAMMI Palas Minta Kapolres Padang Lawas Bersih-Bersih Sampah Internal
Stafsus Menkumham Kunjungi Lapas Kelas II A Bagansiapia
Buntut Kasus Sambo, Hendra Kurniawan Divonis 3 Tahun Pe
Leisure
Desa Koto Masjid Kampar Raih Terbaik II Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 Kategori Souvenir
Desa Koto Masjid Kampar Raih Terbaik II Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 Kategori Souvenir
Pemprov Riau Gelar Lomba Desa Wisata, Berikut Desa Peme
Sukses di Butik dan Make Up, Fifi dan Budhitama Rambah
Pariwara
Pj. Wali Kota Pekanbaru Luncurkan Program Penghapusan Denda Pajak Daerah
Pj. Wali Kota Pekanbaru Luncurkan Program Penghapusan Denda Pajak Daerah
Pj Wako Apresiasi Insan Pariwisata di Pekanbaru Majukan
DPRD Pekanbaru Gelar Paripurna Jawaban Pemerintah terha
Ottech
Wali Kota Batam Sambut Menkominfo Tinjau Proyek Pembangunan Data Center
Wali Kota Batam Sambut Menkominfo Tinjau Proyek Pembangunan Data Center
Awas.. Ada Judi Berbungkus Game Anak-Anak di iOS
Begini Tipe Perilaku Penipuan di Whatsapp dan Cara Meng
Hoax or Not
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Banyak Pelaku Terorisme Berasal dari Sumbar dan Sumsel,
Soal Penelantaran Kakek Bernama Abdul Jalil di Medan, I
Nasional
Kepala BP2MI Kawal Langsung Pelepasan 419 PMI dari Senayan-Bandara Soekarno Hatta
Kepala BP2MI Kawal Langsung Pelepasan 419 PMI dari Senayan-Bandara Soekarno Hatta
Kepala BP2MI Curhat ke Wapres Terkait Persoalan Pekerja
BP2MI yang Semakin 'Bersinar' di Bawah Kepemimpinan Ben
Lifestyle
Permata Ummat Berharap Pemerintah Beri Fasilitas Yang Cocok Untuk Para Disabilitas
Permata Ummat Berharap Pemerintah Beri Fasilitas Yang Cocok Untuk Para Disabilitas
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Bantu Umi Marila Janda Ana
RS Zainab Pekanbaru Hadirkan Klinik Fertilitas, Beri Ha